Informasi Klinik Kesehatan

Cara Mengobati Jerawat Ringan yang Paling Ampuh

0
Posted in KULIT By indahrukmana
Cara Mengobati Jerawat Ringan

Cara Mengobati Jerawat Ringan

Cara Mengobati Jerawat Ringan – Ada banyak perawatan untuk jerawat ringan. Jerawat ringan bisa terdiri dari whiteheads, komedo dan pustula kecil. Di rumah, Anda bisa mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan pembersih atau sabun yang lembut.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat yang Baik dan Benar

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda juga mencoba lotion atau krim over-the-counter. Obat-obatan ini bisa membuat kulit Anda kering jika Anda menggunakannya terlalu banyak. Pastikan untuk mengikuti petunjuk.

Jika obat-obatan ini tidak bekerja, dokter Anda mungkin meresepkan krim atau lotion dengan benzoyl peroxide, resorsinol, asam salisilat, atau belerang.

  • Benzoil peroksida bekerja untuk mengurangi minyak yang dibuat oleh kelenjar.
  • Resortcinol, asam salisilat, dan sulfur membantu pemecahan whiteheads dan komedo.

Jika jerawat Anda tidak membaik setelah enam sampai delapan minggu, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengganti perawatan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Jerawat yang Perlu Anda Tahu

Dapatkah pil KB membantu mengobati jerawat?
Bagi wanita yang keluar terutama di sekitar siklus menstruasi mereka, beberapa pengendalian kelahiran pil dapat membantu. Terkadang, pil KB digunakan bersamaan dengan obat yang disebut spironolakton untuk mengobati jerawat pada wanita dewasa. Obat ini menurunkan kadar hormon androgen dalam tubuh. Androgen merangsang kelenjar minyak kulit. Efek samping dari obat ini termasuk haid tidak teratur, nyeri payudara, sakit kepala dan kelelahan. Spironolakton bukanlah terapi yang tepat untuk semua pasien.

Kapan operasi yang digunakan untuk bekas luka jerawat?
Jika Anda memiliki jaringan parut, dokter kulit Anda mungkin menyarankan pembedahan untuk membantu menyembuhkan luka jerawat dan membuang jaringan parut. Laser dapat membentuk kembali jaringan parut dan mengurangi kemerahan. Dermabrasi adalah jenis operasi yang bisa menghilangkan bekas luka dan mengurangi kedalaman bekas luka dalam. Pilihan lainnya adalah mentransfer lemak dari satu bagian tubuh ke wajah. Dalam beberapa kasus, pengobatan tunggal dapat membantu jaringan parut. Tapi untuk hasil yang langgeng, beberapa di antaranya sering dibutuhkan. Ada juga perawatan topikal untuk jaringan parut jerawat.

Terapi Photodynamic adalah pengobatan jerawat baru. Ini dimulai dengan mikrodermabrasi ringan. Ini digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan wajah. Kemudian, asam diletakkan di kulit selama 30 sampai 60 menit. Setelah periode ini, asam dimatikan. Terakhir, kulit diobati dengan laser. Perawatan ini masih diteliti, namun nampak memberi hasil positif jangka panjang.

Apakah rosacea sama dengan jerawat?
Rosacea adalah masalah kulit yang sering disebut “acne dewasa”. Wanita berkulit putih dan menopause yang adil cenderung memiliki rosacea. Rosacea sepertinya juga lari dalam keluarga. Ini menyebabkan kemerahan di bagian tengah wajah dan jerawat. Pembuluh darah di bawah kulit wajah bisa membesar dan menunjukkan melalui kulit sebagai garis merah kecil. Kulit mungkin bengkak dan terasa hangat.

Wanita dengan rosacea tidak memiliki lesi yang sama seperti yang terlihat dengan jerawat biasa. Mereka mungkin mengalami kemerahan pada wajah, saat mereka sedang panas, minum alkohol atau minuman panas, atau makan makanan pedas. Pembilasan ini menyebabkan wajah tampak merah. Dalam bentuk yang paling parah, kemerahan ini tidak hilang. Mata bisa menjadi bengkak dan nodul di kulit mungkin terasa nyeri.

Anda dapat membantu menjaga agar rosacea terkendali dengan mencatat hal-hal yang menyebabkannya menyala. Cobalah untuk menghindari atau membatasi pemicu ini sebanyak yang Anda bisa. Antibiotik lotion atau gel juga bisa membantu. Terkadang, Anda mungkin perlu minum pil antibiotik. Dokter kulit Anda mungkin merawat Anda dengan operasi laser. Jika Anda pikir Anda memiliki rosacea, bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan ini.

Leave a Reply