Informasi Klinik Kesehatan

Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegah Jerawat Muncul Kembali

0
Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegah Jerawat

Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegah Jerawat

Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegah Jerawat – Jerawat adalah kelainan yang menyebabkan wabah lesi kulit biasa disebut jerawat. Hal ini disebabkan oleh kelenjar minyak kulit yang menghasilkan terlalu banyak sebum, zat berminyak, yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini juga bisa disebabkan oleh pesatnya produksi bakteri P. acnes .

Inilah Arti, Jenis, dan Tips Mencegah Jerawat

Lesi jerawat kebanyakan terjadi pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Ini adalah penyakit kulit yang paling umum. Meski jerawat bukan merupakan ancaman kesehatan yang serius, jerawat yang parah bisa menyebabkan kerusakan dan jaringan parut permanen.

Bagaimana jerawat mempengaruhi wanita? Kebanyakan wanita dan pria muda setidaknya memiliki beberapa jerawat selama hidup mereka. Tapi jerawat tampaknya mempengaruhi pria dan wanita dengan cara yang berbeda. Pria muda lebih cenderung memiliki bentuk jerawat yang lebih serius. Jerawat pada wanita muda cenderung lebih acak dan terkait dengan perubahan hormon, seperti siklus haid .

Seiring bertambahnya usia, jerawat sering membaik. Tapi beberapa wanita memiliki jerawat selama bertahun-tahun. Beberapa wanita bahkan mendapatkan jerawat untuk pertama kalinya pada usia 30 atau 40.

Bagi banyak wanita, jerawat bisa menjadi penyakit yang menjengkelkan. Wanita mungkin memiliki perasaan depresi , citra tubuh yang buruk , atau harga diri yang rendah. Tapi Anda tidak perlu menunggu untuk mengatasi jerawat atau membiarkannya berjalan dengan sendirinya. Saat ini hampir setiap kasus jerawat bisa teratasi. Jerawat juga kadang bisa dicegah. Bicarakan dengan dokter atau dokter kulit Anda (dokter yang mengkhususkan diri dalam merawat masalah kulit) tentang bagaimana Anda dapat membantu mencegah jerawat dan jika perawatan akan membantu Anda.

Jenis – jenis Jerawat yang perlu Anda Ketahui

Apa saja jenis dari jerawat ini? Berikut adalah jenis-jenis dari jerawat yang sering mengganggu anda:

  • Comedo (whiteheads atau komedo) atau papula. Comedo adalah lesi dasar jerawat, yang merupakan pori-pori yang terpasang. Jika pori-pori yang terpasang tetap berada di bawah kulit, itu disebut komedo tertutup dan membentuk benjolan putih atau kepala putih. Komedo adalah komedo yang terbuka dan tampak kehitaman di permukaan kulit. Warna hitam ini bukan karena kotoran, tapi karena udara bereaksi dengan minyak berlebih.
  • Pustula. Pustula adalah lesi jerawat yang mengandung nanah dan berwarna merah di dasar.
  • Nodul Ini adalah lesi jerawat yang lebih serius. Mereka masuk lebih dalam di kulit, terasa sakit, dan bisa menyebabkan jaringan parut.
  • Kista. Seperti nodul, lesi ini berada jauh di dalam kulit, terasa sakit, dan penuh dengan nanah, dan bisa menyebabkan jaringan parut.

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

Bagaimana cara mencegah jerawat dan bekas jerawat? Anda dapat membantu mencegah jerawat dan bekas luka dengan merawat kulit Anda dengan baik:

  • Bersihkan kulit Anda dengan lembut dengan sabun ringan atau pembersih dua kali sehari – sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Anda juga harus membersihkan kulit dengan lembut setelah berolahraga berat. Hindari sabun yang kuat dan bantalan scrub kasar. Menggosok keras pada kulit bisa membuat jerawat semakin parah. Cuci seluruh wajah dari bawah rahang hingga garis rambut dan bilas sampai bersih. Angkat make-up dengan lembut dengan sabun dan air ringan. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan zat.
  • Cuci rambut Anda secara teratur. Jika rambut Anda berminyak, Anda mungkin ingin sering mencucinya.
  • Jangan meremas atau memetik pada lesi jerawat. Hal ini bisa menyebabkan bekas jerawat.
  • Hindari terbakar matahari. Banyak obat yang digunakan untuk mengobati jerawat bisa membuat Anda lebih rentan terbakar sinar matahari. Banyak orang berpikir bahwa matahari membantu jerawat, karena kemerahan akibat sengatan sinar matahari bisa membuat lesi jerawat kurang terlihat. Tapi, terlalu banyak sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Bila Anda akan berada di luar, gunakan tabir surya minimal SPF 15. Juga, cobalah untuk tetap berada di tempat teduh sebanyak yang Anda bisa.
  • Pilihlah produk make up dan perawatan rambut yang “non-comedogenic” atau “non-acnegenic.” Produk ini telah dibuat dengan cara yang tidak menyebabkan jerawat. Anda mungkin juga ingin menggunakan produk yang bebas minyak.
  • Hindari hal-hal yang menggosok kulit sebanyak yang Anda bisa, seperti ransel dan peralatan olah raga.
  • Bicarakan dengan dokter Anda tentang metode pengobatan apa yang bisa membantu jerawat Anda. Bawa obat-obatan Anda sesuai resep dokter. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda berpikir bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi untuk masalah kesehatan lainnya membuat jerawat Anda lebih buruk.

Leave a Reply