Informasi Klinik Kesehatan

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

0
Posted in KEHAMILAN By indahrukmana
Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil – Dokter kami membahas masalah utama ibu hamil yang ingin mempertahankan gaya hidup aktif.

Apakah aman untuk berolahraga saat hamil?

Jika Anda sehat dan kehamilan Anda berkembang dengan normal, aman untuk melanjutkan atau memulai sebagian besar jenis olahraga. Aktivitas fisik tidak meningkatkan risiko keguguran, kelahiran bayi lahir rendah atau persalinan dini. Namun, beberapa modifikasi pada jenis latihan tertentu mungkin perlu dilakukan – diskusikan latihan dengan dokter kandungan Anda selama kunjungan prenatal awal Anda. Jika diberi lampu hijau, Anda bisa merencanakan rutinitas latihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa manfaat berolahraga saat hamil?

Olahraga teratur mengurangi nyeri punggung, mengurangi konstipasi dan meningkatkan berat badan sehat saat hamil. Tetap aktif dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional, pra-eklampsia dan kelahiran sesar. Ini juga meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta membantu menurunkan berat badan pascapersalinan.

Latihan apa yang harus saya hindari?

Beberapa latihan yang harus dihindari mencakup olahraga kontak yang membuat Anda berisiko terkena di perut, dan juga aktivitas berisiko seperti ski lereng menuruni bukit, bersepeda off-road dan menunggang kuda, yang bisa berakibat terjatuh. Ibu hamil juga harus menjauhi yoga panas dan pilates panas, yang bisa menyebabkan kepanasan. Kegiatan scuba diving dan high-altitude juga tidak disarankan.

Kapan saya harus berhenti?

Selama berolahraga, jika Anda melihat adanya pendarahan atau cairan yang bocor dari vagina, atau Anda mengalami kontraksi rahim yang teratur dan menyakitkan, Anda harus berhenti berolahraga dan segera menghubungi dokter kandungan Anda. Gejala lain yang menunjukkan bahwa Anda harus berhenti dan mencari saran medis termasuk merasa pusing atau pingsan, mengalami nyeri dada, sakit kepala, kelemahan otot, dan nyeri pada betis atau pembengkakan. Selain itu, jika Anda merasa sesak napas sebelum memulai aktivitas fisik atau olahraga apapun, jangan teruskan dan hubungi dokter Anda.

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Berjalan: Berjalan cepat memberikan latihan tubuh total dan mudah di sendi dan otot.

Latihan renang dan air: Jika Anda merasa sulit berjalan karena sakit punggung bagian bawah, latihan air adalah cara yang baik untuk tetap aktif. Air mendukung berat badan Anda, yang membantu Anda menghindari cedera dan ketegangan otot.

Stationary bersepeda: Sebuah sepeda stasioner adalah pilihan yang lebih aman daripada naik sepeda standar. Hal ini karena perut Anda yang tumbuh dapat mempengaruhi keseimbangan Anda dan membuat Anda lebih mudah terjatuh.

Yoga dan Pilates yang dimodifikasi: Yoga mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas dan mendorong peregangan dan fokus pernapasan. Hindari pose yang mengharuskan Anda berbaring telentang dalam waktu lama. Carilah kelas yoga dan Pilates prenatal, yang sering mengajarkan pose modifikasi yang mengakomodasi keseimbangan pergeseran Anda.

Leave a Reply