Informasi Klinik Kesehatan

Pengaruh Bakteri Vaginosis Pada Ibu Hamil dan Cara Menurunkannya

0
Posted in KEHAMILAN By indahrukmana
Pengaruh dan Cara Menurunkan Bakteri Vaginosis Pada Ibu Hamil

Pengaruh dan Cara Menurunkan Bakteri Vaginosis Pada Ibu Hamil

Pengaruh dan Cara Menurunkan Bakteri Vaginosis Pada Ibu Hamil – Bagaimana saya bisa menurunkan risiko Bakteri Vaginosis atau BV? Mungkin itulah pertanyaan dari sebagian besar orang di sekitar anda.

Cara Menurunkan Risiko Terkena Bakteri Vaginosis

Langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan risiko BV Anda meliputi:

  • Bantu agar bakteri vagina Anda seimbang. Gunakan air hangat hanya untuk membersihkan bagian luar vagina Anda.
  • Anda tidak perlu menggunakan sabun. Bahkan sabun ringan pun bisa menyebabkan infeksi atau mengiritasi vagina Anda. Selalu bersihkan bagian depan dari vagina ke anus Anda . Jaga agar tetap sejuk dengan mengenakan celana katun atau celana berlapis kapas.
  • Jangan douche . Douching menghilangkan beberapa bakteri normal di vagina yang melindungi Anda dari infeksi. Hal ini dapat meningkatkan risiko BV Anda. Ini mungkin juga mempermudah untuk mendapatkan BV lagi setelah perawatan. Dokter tidak merekomendasikan douching.
  • Berlatih seks aman. Cara terbaik untuk mencegah penyebaran BV melalui hubungan seks adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan vagina, oral, atau anal. Jika Anda berhubungan seks, Anda dapat menurunkan risiko terkena BV, dan IMS apa pun, dengan langkah-langkah berikut. Langkah-langkahnya bekerja paling baik bila digunakan bersamaan. Tidak ada satu langkah pun yang bisa melindungi Anda dari BV atau setiap jenis IMS. Langkah-langkah untuk menurunkan risiko BV atau IMS meliputi:
  1. Gunakan kondom. Kondom adalah cara terbaik untuk mencegah BV atau IMS saat Anda berhubungan seks. Pastikan memakai kondom sebelum penis menyentuh vagina, mulut, atau anus. Metode pengendalian kelahiran lainnya , seperti pil KB, suntik, implan, atau diafragma , tidak akan melindungi Anda dari IMS.
  2. Teruji. Pastikan Anda dan pasangan Anda diuji untuk IMS. Berbicara satu sama lain tentang hasil tes Anda sebelum melakukan hubungan seks.
  3. Jadilah monogami. Berhubungan seks dengan satu pasangan saja bisa menurunkan risiko BV atau IMS. Setia satu sama lain Itu berarti Anda hanya berhubungan seks satu sama lain dan tidak ada orang lain.
  4. Batasi jumlah pasangan seks Anda. Resiko Anda terkena BV dan IMS meningkat dengan jumlah pasangan yang Anda miliki.
  5. Jangan menyalahgunakan alkohol atau narkoba, yang terkait dengan pengambilan risiko seksual. Terlalu banyak minum alkohol atau menggunakan narkoba juga membuat Anda berisiko terkena serangan seksual dan kemungkinan terkena IMS.

Melindungi Diri dari Istri yang Memiliki Gangguan BV

Bagaimana saya bisa melindungi diri saya jika pasangan wanita saya memiliki BV? Jika pasangan Anda memiliki BV, Anda bisa menurunkan risiko Anda dengan menggunakan perlindungan saat berhubungan seks.

  • Gunakan bendungan gigi setiap kali berhubungan seks. Bendungan gigi adalah bagian tipis lateks yang diletakkan di atas vagina sebelum melakukan oral seks.
  • Sampaikan mainan seks dengan kondom sebelum digunakan. Lepaskan kondom dan ganti dengan yang baru sebelum berbagi mainan dengan pasangan Anda.

Apakah aman merawat wanita hamil yang memiliki BV? Iya nih. Obat yang digunakan untuk mengobati BV aman bagi wanita hamil. Semua wanita hamil dengan gejala BV harus diuji dan dirawat jika memilikinya.

Jika Anda memiliki BV, Anda dapat diobati dengan aman pada tahap kehamilan Anda. Anda akan mendapatkan antibiotik yang sama dengan wanita yang tidak hamil.

Leave a Reply