Informasi Klinik Kesehatan

Pengertian dan Orang yang Berisiko Terkena Penyakit Autonium

0
Posted in PENYAKIT By indahrukmana
Pengertian Penyakit Autonium

Pengertian Penyakit Autonium

Pengertian Penyakit Autonium – Apa itu penyakit autoimun? Tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh, yang merupakan jaringan kompleks sel dan organ khusus yang melindungi tubuh dari kuman dan penyerbu asing lainnya.

Pengertian Penyakit Autonium Terlengkap

Inti dari sistem kekebalan tubuh adalah kemampuan untuk membedakan antara diri dan nonself: apa yang Anda dan apa yang asing. Cacat bisa membuat tubuh tidak bisa membedakan antara diri sendiri dan bukan orang.

Bila ini terjadi, tubuh membuat autoantibodi (AW-toh-AN-teye-bah-deez) yang menyerang sel normal karena kesalahan. Pada saat yang sama, sel khusus yang disebut sel T regulator gagal melakukan tugas mereka untuk menjaga agar sistem kekebalan tetap sesuai.

Hasilnya adalah serangan yang salah arah pada tubuh Anda sendiri. Hal ini menyebabkan kerusakan yang kita kenal sebagai penyakit autoimun.

Bagian tubuh yang terkena tergantung pada jenis penyakit autoimun. Ada lebih dari 80 tipe yang dikenal.

Seberapa umum penyakit autoimun? Secara keseluruhan, penyakit autoimun umum terjadi, mempengaruhi lebih dari 23,5 juta orang Amerika. Mereka adalah penyebab utama kematian dan kecacatan. Beberapa penyakit autoimun jarang terjadi, sementara penyakit lainnya, seperti penyakit Hashimoto, banyak menyerang orang.

Inilah Orang yang Berisiko Terkena Penyakit Autonium

Siapa yang terkena penyakit autoimun? Penyakit autoimun bisa menyerang siapa saja. Namun beberapa orang memiliki risiko lebih besar, termasuk:

  • Wanita usia subur – Lebih banyak wanita daripada pria memiliki penyakit autoimun, yang sering dimulai pada masa anak-anak mereka.
  • Orang dengan riwayat keluarga – Beberapa penyakit autoimun menyerang keluarga, seperti lupus dan multiple sclerosis. Hal ini juga umum untuk berbagai jenis penyakit autoimun untuk mempengaruhi anggota keluarga tunggal yang berbeda. Mewarisi gen tertentu dapat membuatnya lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit autoimun. Tapi kombinasi gen dan faktor lainnya bisa memicu penyakit ini.
  • Orang-orang yang berada di sekitar hal-hal tertentu di lingkungan – Kejadian atau eksposur lingkungan tertentu dapat menyebabkan beberapa penyakit autoimun, atau memperburuk keadaan. Sinar matahari, bahan kimia yang disebut pelarut, dan infeksi virus dan bakteri terkait dengan banyak penyakit autoimun.
  • Orang-orang ras tertentu atau latar belakang etnis – Beberapa penyakit autoimun lebih sering terjadi atau mempengaruhi kelompok orang tertentu dengan lebih parah. Misalnya, diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada orang kulit putih. Lupus paling parah terjadi pada orang Afrika-Amerika dan Hispanik.

Leave a Reply