Informasi Klinik Kesehatan

Pengertian dan Jenis Gangguan Kecemasan yang Wajib Anda Ketahui

0
Posted in WANITA By indahrukmana
Pengertian dan Jenis Gangguan Kecemasan

Pengertian dan Jenis Gangguan Kecemasan

Pengertian dan Jenis Gangguan Kecemasan – Apa itu kecemasan? Kecemasan adalah perasaan khawatir, gugup, atau takut akan kejadian atau situasi. Ini adalah reaksi normal terhadap stres. Ini membantu Anda tetap waspada terhadap situasi yang menantang di tempat kerja, belajar lebih giat untuk ujian, atau tetap fokus pada pidato penting. Secara umum, ini membantu Anda mengatasinya.

Inilah Arti dan Jenis Gangguan Kecemasan

Tapi kecemasan bisa melumpuhkan jika mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti membuat Anda merasa tidak senonoh sehari-hari seperti naik bus atau berbicara dengan rekan kerja. Kecemasan juga bisa menjadi serangan teror mendadak bila tidak ada ancaman.

Apa itu gangguan kecemasan? Gangguan kecemasan terjadi saat kecemasan yang berlebihan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda seperti pergi kerja atau sekolah atau menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Gangguan kecemasan adalah penyakit mental yang serius. Mereka adalah gangguan mental yang paling umum di Amerika Serikat. Gangguan kecemasan lebih dari dua kali lebih umum terjadi pada wanita seperti pada pria.

Berikut Adalah Jenis-jenis Gangguan Kecemasan

Apa jenis gangguan kecemasan utama? Jenis utama dari gangguan kecemasan adalah:

  • Gangguan kejiwaan umum (GAD) . Orang-orang dengan GAD sangat memperhatikan masalah sehari-hari, seperti kesehatan, uang, pekerjaan, dan keluarga. Dengan GAD, pikiran sering melompat ke skenario terburuk, bahkan ketika ada sedikit atau tidak ada alasan untuk khawatir. Wanita dengan GAD mungkin cemas karena baru melewati hari itu. Mereka mungkin memiliki ketegangan otot dan gejala fisik terkait stres lainnya, seperti masalah tidur atau sakit perut. Terkadang, membuat orang GAD tidak melakukan tugas sehari-hari. Wanita dengan GAD memiliki risiko depresi dan gangguan kecemasan yang lebih tinggi dibanding pria dengan GAD. Mereka juga cenderung memiliki riwayat depresi keluarga. 3
  • Gangguan panik . Kelainan panik dua kali lebih umum terjadi pada wanita seperti pada pria. 4 Orang dengan gangguan panik mengalami serangan teror mendadak jika tidak ada bahaya sebenarnya. Serangan panik dapat menyebabkan rasa tidak sadar, ketakutan akan azab yang akan datang, atau ketakutan untuk kehilangan kontrol. Rasa takut akan gejala fisik seseorang yang tidak dapat dijelaskan juga merupakan tanda gangguan panik. Orang yang mengalami serangan panik terkadang percaya bahwa mereka mengalami serangan jantung, kehilangan akal, atau sekarat.
  • Fobia sosial. Fobia sosial, yang juga disebut gangguan kecemasan sosial, didiagnosis saat orang menjadi sangat cemas dan sadar diri dalam situasi sosial sehari-hari. Orang dengan fobia sosial memiliki ketakutan yang kuat untuk diawasi dan dinilai oleh orang lain. Mereka mungkin merasa mudah malu dan sering mengalami gejala serangan panik.
    Fobia spesifik. Fobia tertentu adalah ketakutan yang kuat akan sesuatu yang sedikit atau tidak memiliki bahaya aktual.
  • Fobia-fobia spesifik bisa jadi merupakan ketakutan akan ruang tertutup, tinggi, air, benda, hewan, atau situasi tertentu. Orang dengan fobia spesifik sering menemukan bahwa menghadapi, atau bahkan berpikir untuk menghadap, objek atau situasi yang ditakuti menimbulkan serangan panik atau kecemasan berat.

Gangguan Lain yang Mirip dengan Kecemasan

Beberapa kondisi lain yang tidak dianggap gangguan kecemasan namun serupa antara lain:

  • Gangguan obsesif-kompulsif (OCD) . Orang dengan OCD memiliki pikiran yang tidak diinginkan (obsesi) atau perilaku (kompulsif) yang menimbulkan kegelisahan. Mereka mungkin memeriksa oven atau setrika berulang kali atau melakukan rutinitas yang sama berulang-ulang untuk mengendalikan kegelisahan yang dipikirkan oleh pikiran ini. Seringkali, ritual akhirnya mengendalikan orang tersebut.
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD). PTSD dimulai setelah peristiwa menyeramkan yang melibatkan bahaya fisik atau ancaman bahaya fisik. Orang yang mendapatkan PTSD adalah orang yang dirugikan, atau kerugiannya mungkin terjadi pada orang yang dicintai atau bahkan orang asing.

Leave a Reply